Perulangan (Looping) Dalam Bahasa Pemrograman JAVA

Assalamu’alaikum wr.wb, salam sejahtera untuk kita semua.

Setelah kemarin kita belajar tentang dasar percabangan atau conditional if,else, dan swtich. Kali ini kita akan belajar mengenai dasar perulangan dalam bahasa pemrograman JAVA.

Perulangan atau looping adalah suatu proses di dalam pemrograman yang dapat meng-eksesusi beberapa statement yang sama dengan berulang ulang sampai berhenti pada kondisi tertentu. Perulangan pada dasarnya memiliki fungsi efisien, ada 3 jenis perulangan yaitu:

  • For

For merupakan perulangan yang memiliki  variable untuk melakukan pengkondisian. Element pada for yaitu nilai awal, syarat, dan penambahan atau pengurangan nilai. misalnya

  • While

While  merupakan perulangan yang berguna untuk terus melakukan proses perulangan selama kondisinya benar (true) dan berhenti apabila salah (false). misalnya:

  • Do While

Do while merupakan perulangan yang hampir sama dengan while, namun while disini bersifat memproses atau mengecek instruksi  terlebih dahulu kemudian membandingkan (kondisi). sedangkan pada while bersifat mengecek kondisi baru melakukan instruksi. Misal

Sekian pembahasan kita mengenai perulangan atau looping dalam bahasa pemrograman JAVA. Semoga bermanfaat dan selamat berlatih !

Sumber : http://muhammadarga.blogspot.co.id/2013/10/percabangan-dan-perulangan-pemrograman.html

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *