Perkembangan Teknologi Komputasi dan Implementasiannya

Untuk memulai pembahasan kali ini, saya akan memulai dengan Komputasi. Apa itu komputasi ? Komputasi adalah bidang ilmu yang berfokus pada penyusunan sebuah model matematika atau teknik dalam menyelesaikan nilai atau angka numerik, serta penggunaan komputer sebagai penganalisis untuk memecahkan masalah-masalah ilmu lainnya. Penggunaan komputasi biasanya berupa penerapan simulasi pada komputer atau komputasi lainnya dalam menyelesaikan sebuah masalah dari berbagai bidang. Tetapi dalam perkembangannya komputasi digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu.
Sedangkan komputasi modern merupakan sebuah perkembangan sistem yang menyelesaikan masalah matematika atau nilai numerik menggunakan komputer dengan cara menyusun algoritma yang dapat dimengerti oleh komputer dan berguna untuk menyelesaikan masalah matematika atau nilai numerik tersebut. Pada  komputasi modern terdapat terdapat juga perhitungan dan pencarian solusi dari masalah dan pengambil keputusan. Perhitungan dari komputasi modern adalah akurasi, kecepatan, problem, volume dan besar kompleksitas.
Dari sejarahnya tokoh yang sangat berpengaruh pada perkembangan komputasi modern adalah John von Neumann (1903-1957), ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern. Beliau telah menjadi ilmuwan besar pada abad 21. Beliau memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer yang di salurkan melalui karya-karyanya . Beliau juga merupakan salah satu ilmuwan yang terkait dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu.
Komputansi modern memiliki 3 karakteristi yang terdiri dari :
  1. Komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.
  2. Komputer terhubung jaringan dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
  3. Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.
Komputasi modern terbagi dalam 3 macam bagian, yaitu :
 
  • Mobile Computing

Mobile Computing atau komputasi bergerak, salah satu dari kemajuan teknologi komputer yang mampu membuat user berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa kabel, tapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Salah satu contoh hasil dari mobile computing yaitu GPS, juga terdapat berbagai tipe dari mobile computing seperti smartphone yang saat ini sangat terkenal dan lain sebagainya.

 
  • Grid Computing

Komputasi Grid merupakan komputer yang terpisah oleh letak geografis, terhubung dan terdistribusi oleh jaringan komputer untuk menyelesaikan masalah komputasi dalam skala yang besar. Beberapa daftar yang digunakan untuk mengenali sebuah sistem grid computing, yaitu:

  1. Sistem untuk koordinat sumber daya komputasi tidak dibawah kendali pusat,
  2. Menggunakan standart dan protocol sistem yang terbuka,
  3. Sistem terus mencoba mencapai kualitas pelayanan yang canggih, dan lebih baik diatas kualitas komponen individu pelayan grid computing.
  • Cloud Computing
Cloud Computing adalah komputasi yang dinamis dan merupakan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan dengan internet.
Perbedaan Mobile Computing, Grid Computing, dan Cloud Computing, yaitu :

 

  • Mobile Computing bekerja seperti handphone tetapi berteknologi komputer, sedangkan grid dan cloud menggunakan komputer.
  • Biaya mobile computing lebih mahal dibandingkan dengan grid dan cloud.
  • Mobile Computing simple dan mudah dibawa, sedangkan grid dan cloud tidak.
  • Mobile Computing melakukan proses berdasarkan kebutuhan user, Grid Computing melakukan proses berdasarkan mendapatkan server atau tidak, Cloud Computing proses menggunakan jaringan internet sebagai penghubung.
Sejarah Komputasi Modern
 
Sejarah komputer modern dimulai dengan dua teknologi yang terpisah -perhitungan otomatis dan dapat di program- tapi tidak ada satu perangkat pun yang dapat dikatakan sebagai komputer, karena sebagian penerapan yang tidak konsisten terhadap istilah tersebut.
Salah satu tokoh yang paling berpengaruh terhadap perkembangan komputasi modern adalah John Von Neumann (1903-1957). John Von Neumann adalah salah satu ahli matematika terbesar abad ini. Beliaulah yang pertama kali menggagas konsep sebuah sistem yang menerima instruksi-instruksi dan menyimpannya dalam sebuah memori. Konsep inilah yang menjadi dasar arsitektur komputer hingga saat ini. Beliau juga salah seorang ilmuwan yang sangat berpengaruh dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu. Beliau telah memberikan karya-karya yang menakjubkan lewat teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer.

 

John Von Neumann adalah anak pertama dari pasangan Neumann Miksa dan Kann Margit. Kedua orang tua nya memberikan nama Neumann Janos, begitulah nama asli dari John Von Neumann yang terlahir di Budapest, ibu kota Hungaria, pada tanggal 28 Desember 1903. Beliau terlahir dengan otak yang jenius, karena saat usia nya masih beliau beliau mampu menyeimbangkan kemampuan logika analitisnya dengan kemampuan sosial. Beliau memiliki bakat pada bidang matematika.
John Von Neumann juga sangat tertarik pada hidrodinamika dan kesulitan penyelesaian persamaan diferensial parsial nonlinier yang digunakan, Von Neumann kemudian beralih dalam bidang komputasi. Von Neumann menjadi seorang konsultan pada pengembangan komputer ENIAC, dia merancang konsep arsitektur komputer yang masih dipakai sampai sekarang. Arsitektur Von Nuemann adalah seperangkat komputer dengan program yang tersimpan (program dan data disimpan pada memori) dengan pengendali pusat, I/O, dan memori.
Berikut ini beberapa contoh komputasi modern sampai dengan lahirnya ENIAC :
1. Konrad Zuse’s electromechanical “Z mesin”.Z3 (1941) sebuah mesin pertama menampilkan biner aritmatika, termasuk aritmatika floating point dan ukuran programmability. Pada tahun 1998, Z3 operasional pertama di dunia komputer itu di anggap sebagai Turing lengkap.
2. Berikutnya Non-programmable Atanasoff-Berry Computer yang di temukan pada tahun 1941 alat ini menggunakan tabung hampa berdasarkan perhitungan, angka biner, dan regeneratif memori kapasitor. Penggunaan memori regeneratif diperbolehkan untuk menjadi jauh lebih seragam (berukuran meja besar atau meja kerja).
3. Selanjutnya komputer Colossus ditemukan pada tahun 1943, berkemampuan untuk membatasi kemampuan program pada alat ini menunjukkan bahwa perangkat menggunakan ribuan tabung dapat digunakan lebih baik dan elektronik reprogrammable. Komputer ini digunakan untuk memecahkan kode perang Jerman.
4. The Harvard Mark I ditemukan pada 1944, mempunyai skala besar, merupakan komputer elektromekanis dengan programmability terbatas.
5. Lalu lahirlah US Army’s Ballistic Research Laboratory ENIAC ditemukan pada tahun 1946, komputer ini digunakan untuk menghitung desimal aritmatika dan biasanya disebut sebagai tujuan umum pertama komputer elektronik (ENIAC merupakan generasi yang sudah sangat berkembang di zamannya sejak komputer pertama Konrad Zuse ’s Z3 yang ditemukan pada tahun 1941).
Sejarah dari komputasi modern sangat lah panjang perjalannya. Dari seorang John Von Neumann komputasi modern tersebut bisa berkembang sampai saat ini yang kita kenal dan kita tahu. Dari ilmu komputasi dan dikembangkan menjadi komputasi yang modern dengan menggunakan komputer yaitu Komputasi Modern.
Penggunaan Komputasi Modern untuk memecahkan masalah, perhitungan komputasi modern seperti :
Akurasi (bit, floating point)
Kecepatan (dalam satuanHz)
Problem volume besar (paralel)
Modeling (NN dan GA)
Kompleksitas (menggunakan Teori Bog O)

Sumber :

http://wayansuryaadi.blogspot.co.id/2014/03/perkembangan-teknologi-komputasi-dan.html

http://fafabilowo.blogspot.co.id/2015/03/pengantar-komputasi-modern-sejarah.html

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *